UIN Ar-Raniry Wisudakan 33 Mahasiswa Asing

  • Bagikan
UIN Ar-Raniry Wisudakan 33 Mahasiswa Asing

FANEWS.ID– Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 2.162 wisudawan program pascasarjana dan sarjana pada Rapat Senat Terbuka Wisuda Gelombang III Tahun Akademik 2022/2023.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai 19-21 September 2023 bertempat di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh.

Tercatat, UIN Ar-Raniry berhasil meluluskan 2015 lulusan sarjana strata satu, 117 lulusan Magister dan 30 lulusan Doktor. Dari jumlah lulusan tersebut 33 lulusan merupakan mahasiswa asing yang berasal dari Malaysia.

Dalam amanatnya, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg mengucapkan selamat kepada para lulusan dan orang tua wisudawan dan berpesan kepada para alumni agar senantiasa menjaga dan mengharumkan nama baik almamater, serta berkiprah sebagai duta dan mitra untuk kemajuan universitas di masa depan.

Pada kesempatan tersebut, guru besar dalam bidang Ilmu Pemikiran Pendidikan Islam ini juga mengingatkan lulusan untuk mengedepankan etika Islami dalam kehidupan sosial kemasyarakatan serta harus mampu menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki kemampuan intelektual yang diimbangi dengan akhlak yang baik sebagai kunci kesuksesan masa depan.

“Akhlak merupakan pilar utama bagi mahasiswa, ketika akhlak runtuh maka tidak ada makna prestasi akademik yang tinggi. Karena akhlak, moralitas merupakan pilar utama yang harus dimiliki oleh seluruh mahasiswa di Perguruan Tinggi. Kalau akhlak ini nilainya nol, kemudian prestasi akademiknya mendapat nilai empat dengan predikat cumlaude. Logikanya kalau empat dikali nol sama adalah nol,” tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr Muhammad Yasir Yusuf MA dalam laporannya menyebutkan pada pelaksanaan wisuda gelombang ketiga ini, UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil menghasilkan lulusan sebanyak 2.162 orang yang terdiri dari 805 orang laki-laki dan 1.357 orang perempuan.

BACA JUGA :   Siti Nadia : Cegah Learning Loss, Disdik Aceh Harus Persiapkan Pembelajaran Tatap Muka

Lebih lanjut, Yasir menambahkan bahwa dari 2.162 orang wisudawan, 421 lulusan diantaranya lulus dengan predikat Cumlaude, 531 orang lulus dengan pujian, 1.121 orang memperoleh predikat sangat baik dan 89 lulusan memperoleh predikat baik.

“Dengan bertambahnya 2015 lulusan sarjana strata satu, 117 lulusan Magister dan 30 lulusan Doktor, maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh sampai saat ini berjumlah 55.390 lulusan,” ungkap Yasir dalam laporannya.

Kemudian, secara rinci Yasir menjelaskan bahwa dari 2015 lulusan sarjana strata satu terdiri dari Fakultas Syari’ah dan Hukum meluluskan 307 lulusan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan meluluskan 705 lulusan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat meluluskan 111 lulusan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi meluluskan 185 lulusan, Fakultas Adab dan Humaniora meluluskan 132 lulusan.

Selanjutnya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam meluluskan 224 lulusan, Fakultas Sains dan Teknologi meluluskan 194 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan meluluskan 115 lulusan dan Fakultas Psikologi meluluskan 42 lulusan.

“Lulusan paling banyak pada gelombang ketiga tahun 2023 adalah dari S1 Pendidikan Bahasa Arab dan S1 Perbankan Syariah yaitu sejumlah 90 lulusan, dan yang paling sedikit adalah dari prodi S2 Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir 6 lulusan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, pimpinan UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga memberikan penghargaan kepada 11 lulusan terbaik dari masing-masing fakultas dan pascasarjana. Mereka adalah Luth Fira Marjulisa dari FSH (IPK 3.90), Zulnafara Khaisa Utari dari FTK (IPK 3.91), Muizzatul Husna dari FUF (IPK 3.84), Dian Fanika Sari dari FDK (IPK 3.84) dan Ulfa Zahara dari FAH (3.88).

Kemudian, Dinda Afrakasturi Kasvi dari FEBI (IPK 3.93), Fiza Ikra Maullah dari FST (IPK 3.81), Rauzatul Rahmah dari FISIP (IPK 3.87), Ulfa Safirah dari Fakultas Psikologi (3.84), Arizul Suwar dari Program Magister (IPK 3.95) dan Sri Astuti dari Program Doktor dengan IPK 4.00.

BACA JUGA :   Penjelasan Nadiem soal Mahasiswa S1 Tak Lagi Wajib Skripsi

Pada wisuda kali ini, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga meluncurkan program Wakaf Ar-Raniry. Program ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan akses pendidikan di Aceh.

Wakaf Ar-Raniry ini dikelola oleh Lembaga Islamic Trust Fund UIN Ar-Raniry yang merupakan lembaga Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) yang bernaung di bawah UIN Ar-Raniry Banda Aceh.(sumber: InfoPublik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *