Tak Pernah Sumbang PAD, Anggota Dewan Usul PDAM Tirta Montala Diserahkan ke Swasta

  • Bagikan

Aceh Besar (fanews.id) —Wakil Komisi III DPRK Aceh Besar, Khubbie Elrisal menyorot keberadaan PDAM Tirta Montala yang belum bisa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) hingga sekarang.

Padahal, ucapnya, PDAM ini seharusnya memiliki potensi sebagai salah satu penyumbang PAD yang besar kepada Pemkab Aceh Besar di masa mendatang.

“Namun, saat ini belum memberikan kontribusi PAD ke kas Pemkab Aceh Besar karena pelanggan PDAM Tirta Mountala belum mencapai target,” papar Khubbie Elrisal Senin (16/11/2020) senin

“Inilah yang harus dipikirkan Pemkab Aceh Besar bagaimana mengembangkan PDAM Tirta Mountala sehingga menjadi penyumbang PAD untuk mensejahterakan ekonomi masyarakat dan pembangunan di Aceh Besar,” lanjutnya.

“Kalau pelanggan PDAM tak berkembang, ini akan merugikan daerah karena PAD nihil dari tahun ke tahun, sementara setoran rekening air pelanggan ada juga yang masuk setiap bulannya ke PDAM, namun hanya cukup untuk biaya operasional,” urai Khubbie.

Oleh karena itu, Komisi III DPRK Aceh Besar menyarankan kepada Bupati Mawardi Ali agar pengelolaan PDAM dialihkan kepada pihak ketiga atau swasta sebagai pemodal sehingga bisa mendatangkan PAD.

Di sisi lain, Khubbie juga meminta kepada pihak PDAM Tirta Mountala harus segera membuat terobosan untuk mengembangkan jaringan air bersih di Aceh Besar, sehingga bisa menambah jumlah pelanggan.

“PDAM Tirta Mountala harus berinovasi dan lakukan penembangan, karena memiliki potensi pasokan suplai air bersih ke pelanggan baru. Sehingga desa-desa yang belum memiliki air bersih bisa disuplai air dari PDAM,” jelas Khubbie.

Ia menerangkan, untuk mengembangkan pelanggan PDAM Tirta Mountala di Aceh Besar, harus dilakukan berbagai terobosan dan inovasi, salah satunya membenahi pelayanan, serta menambah atau menhembangkan jaringan air bersih, dan menjaga pasokan air selalu stabil.

BACA JUGA :   Polisi Temukan Kapal Selam Bandar Narkoba, Bisa Angkut 2 Ton Narkotika

Selain itu, tukas dia, PDAM harus dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan sambung baru, apakah diberikan diskon atau gratis beberapa bulan rekening air dan juga tarif air diberikan lebih murah untuk memotivasi warga menjadi pelanggan PDAM Tirta Mountala.

Sumber : Serambinews.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *