Sempat Lumpuh, Akses Jalan Provinsi di Aceh Tamiang Sudah Bisa Dilalui

  • Bagikan
Jalan Provinsi

FANEWS.ID – Ruas jalan provinsi di Desa Lubuk Sidup, Kecamatan Sekerak, Kabupaten Aceh Tamiang kini telah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, setelah sempat tertimbun material lumpur yang dipicu akibat curah hujan tinggi.

“Material longsor yang menutupi badan jalan berupa endapan lumpur yang terbawa air hujan,” kata Kepala Desa Lubuk Sidup Ibrahim di Aceh Tamiang, Sabtu.

Peristiwa longsor itu akibat hujan deras selama dua jam yang mengguyur wilayah itu pada Jumat (19/5) sore hingga malam, sehingga membuat material lumpur dari lereng bukit longsor dan menutupi badan jalan.

“Lumpur itu sudah beberapa hari yang lalu turun ke jalan aspal. Terus ditambah lagi hujan malam kemarin lumpur semakin banyak. Saat saya pulang sekitar pukul 21.00 WIB sudah menumpuk di jalan,” ujarnya.

Baca juga: PUPR: Kerusakan infrastruktur di Aceh Barat akibat banjir capai Rp35 miliar

Ia menyebutkan jalan yang tertimbun tanah longsor sekitar 50 meter. Peristiwa ini sempat membuat kemacetan arus lalu lintas. Perangkat desa dan camat setempat berkoordinasi dengan BPBD Aceh Tamiang untuk mendatangkan alat berat.

“Pembersihan longsor menggunakan satu unit alat berat louder milik BPBD dengan dibantu personel TNI/Polri dan warga,” katanya.

Untuk mengantisipasi longsor susulan, perangkat Desa Lubuk Sidup berharap pemerintah membangun parit saluran agar aliran lumpur dari kaki bukit tak lagi ke jalan. Sebab, parit lama sudah tertutup tanah longsor sejak beberapa bulan lalu saat banjir besar melanda Aceh Tamiang.

“Kami berharap Pemda Aceh Tamiang bisa mendesak Pemprov Aceh segera mengambil tindakan sebelum jatuh korban di lokasi tersebut. Karena status jalan yang longsor di desa kami masuk dalam perawatan jalan provinsi,” ujarnya.

BACA JUGA :   TikToker Kritik Lampung Dibalas Ancaman, DPR Sentil Polisi

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tamiang Iman Suhery sejak Jumat, malam hingga Sabtu siang, petugas BPBD bersama anggota Polsek dan Koramil 02/Karang Baru telah melakukan pembersihan dan pembukaan akses jalan akibat longsor.

Baca juga: Longsor jalan di pedalaman Aceh Barat putuskan akses transportasi

“Pembersihan pertama (malam) mengangkat material longsor pakai loader. Kemudian siangnya kami mengirim dua unit mobil pemadam kebakaran untuk menyemprot jalan agar tidak licin saat dilalui kendaraan,” kata Iman.

Kata dia, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden longsor itu. Akses jalan sudah normal kembali dan aman untuk dilintasi semua jenis kendaraan..(*)

sumber: antara

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *