Prediksi Indonesia vs Filipina, Kualifikasi Piala Dunia 11 Juni 2024

  • Bagikan
Indonesia vs Filipina

FANEWS.ID – Prediksi Indonesia vs Filipina dalam laga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, Laga yang berpotensi menciptakan sejarah ini sesuai jadwal akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia, Selasa 11 Juni pukul 19.30 WIB, tayang via siaran langsung TV Indosiar dan live streaming Vidio.

Timnas Indonesia butuh kemenangan di laga vs Flipina untuk memastikan diri lolos ke ronde 3. Raihan 3 poin di SUGBK akan membawa anak asuh Shin Tae-yong juga sekaligus mendapatkan tiket ke putaran final Piala Asia 2027.

Akan tetapi, jika gagal menang lawan Filipina, Timnas Indonesia harus berharap bantuan tim lain. Kuncinya adalah laga Irak vs Vietnam di Stadion Internasional Basra, Irak, Rabu 12 Juni pukul 01.00 WIB. Daripada bergantung pada The Lions of Mesopotamia yang sudah tidak butuh apa-apa, Garuda layak bertarung sekuat tenaga agar bisa menentukan nasib sendiri.

Timnas Indonesia saat ini menempati posisi runner-up klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC dengan 7 poin. Garuda tidak mungkin menjadi juara Grup F. Posisi tersebut sudah jadi milik Irak yang meraih 15 poin dari 5 laga sebelumnya, alias selalu menang.

Posisi runner-up Grup F akan menjamin hak lolos Timnas Indonesia ke ronde 3. Namun, Garuda masih bisa digeser tim lain, yaitu Vietnam. Pasalnya, The Golden Star Warriors mengoleksi 6 poin di peringkat 3, atau hanya tertinggal 1 angka saja dari Garuda.

Bagi Timnas Indonesia, syarat lolos ronde 3 sebenarnya mudah, alias di tangan sendiri. Selama bisa mengalahkan Filipina, berapa pun skornya, Garuda akan masuk ke fase berikutnya, bersama 17 tim AFC lainnya.

Jika Timnas Indonesia menang, Vietnam akan mati kutu. Andaipun The Golden Star Warriors bisa mengalahkan Irak di Basra, hal itu tidak akan berpengaruh. Pasalnya, nilai maksimal Vietnam hanyalah 9, dan itu kalah dari Indonesia yang punya 10 angka.

BACA JUGA :   Indonesia melenggang ke semifinal Piala AFF U-19 Putri 2023

Namun, bagaimana jika Timnas Indonesia gagal menang? Jika seri atau kalah dari Filipina, nasib tim asuhan Shin Tae-yong akan bergantung pada Irak. Jika sampai Irak kalah dari Vietnam, nasib Garuda akan selesai. Sebaliknya, selama Vietnam tidak bisa meraih poin lebih banyak dari Timnas Indonesia, tiket ronde 3 akan jadi milik Merah Putih.

Berikut skenario Timnas Indonesia lolos ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jelang laga yang layak dilabeli dengan partai final ini persiapan Timnas Indonesia mesti maksimal. Kesalahan individual dan kolektif lini belakang seperti lawan Irak tak boleh terulang. Skuad Garuda mesti sempurna demi menciptakan sejarah membawa Indonesia pertama kalinya lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

“Kami siap untuk memenangkan pertandingan berikutnya. Kami perlu meraih kemenangan untuk lolos ke babak selanjutnya. Kami akan melakukan segalanya agar bisa lolos kualifikasi,” kata Justin Hubner dilansir dari Antara.

Akan tetapi, Filipina jelas bukan lawan yang mudah dikalahkan. Mereka sedang berada dalam spirit tinggi usai kedatangan pelatih baru asal Belgia, Tom Saintfiet. Salah satu perubahan yang diberikan Saintfiet adalah saat timnya kalah tipis dari Vietnam dengan skor 3-2 pada Kamis 6 Juni lalu di Hanoi.

Kekalahan itu memang memastikan Filipina tersingkir. Namun, secara permainan, The Azkals bisa memberikan perlawanan sengit. Bahkan gol kemenangan Vietnam baru tercipta di injury time babak kedua melalui sepakan Ph?m Tu?n H?i yang lolos dari jebakan offside.

Meski sudah tidak ada target lagi, Saintfiet menyatakan akan tetap bermain serius melawan Indonesia. Bagaimanapun juga, Filipina memang harus bermain profesional. Pasalnya, aksi mereka akan turut disorot publik sepakbola Vietnam yang masih bersaing dengan Indonesia memperebutkan satu tiket lolos.

BACA JUGA :   Prediksi Sheffield United vs Burnley, Liga Inggris 20 April 2024

“Filipina akan bermain sebaik mungkin meski Indonesia tim kuat dan butuh kemenangan,” jelas Saintfiet.

Indonesia dipastikan tanpa Jordi Amat yang absen karena kartu merah melawan Irak. Sebagai pengganti, Jay Idzes hampir pasti menjadi pilihan utama menemani Rizky Ridho dan Hubner di jantung pertahanan tim.

Beberapa perubahan mungkin juga akan dilakukan Shin. Misalnya saja menurunkan Ivar Jenner menggantikan Nathan Tjoe-A-On karena kreativitas Jenner akan sangat dibutuhkan dalam membongkar pertahanan Filipina. Di sisi lain, Ernando Ari rasanya masih menjadi pilihan utama meski ada blunder yang ia lakukan saat melawan Irak.

Satu hal lain adalah fans timnas barangkali akan menantikan debut Calvin Verdonk. Tapi, Verdonk sepertinya tidak akan main sejak awal. Shayne Pattynama atau Pratama Arhan masih akan menjadi pilihan utama di sektor kiri sebelum ada kemungkinan Verdonk masuk sebagai pengganti.

Filipina sendiri diperkirakan tidak banyak melakukan perubahan. Beberapa pemain yang diberikan kesempatan debut oleh Saintfiet di laga melawan Vietnam bisa jadi akan memperoleh caps keduanya. Mereka adalah Adrian Ugelvik, Scott Woods, Zico Bailey, Dylan Demuynck, dan Alex Monis.

Kedua negara bermain imbang 1-1 di Manila pada pertemuan pertama. Kala itu, Filipina unggul melalui gol Patrick Reichelt di babak pertama. Gol penyama bagi Indonesia diciptakan oleh Saddil Ramdani di babak kedua.

Terakhir kali Timnas Indonesia bisa mengalahkan Filipina di kandang terjadi pada 2013 lalu dalam laga uji coba. Saat itu bermain di Stadion Manahan, Merah Putih menang 2-0 lewat gol Greg Nwokolo dan Muhammad Roby. (sportsmole/red)

Prediksi Pemain Indonesia vs Filipina

Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Thom Haye; Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen; Rafael Struick. Pelatih: Shin Tae-yong

BACA JUGA :   Prediksi Leipzig vs Red Star , UEFA Champions League 26 Oktober 2023

Filipina (4-2-3-1): Neil Etheridge; Jesper Nyholm, Santiago Rublico, Adrian Ugelvik, Paul Tabinas; Michael Baldisimo, Kevin Ingreso; Alex Monis, Dylan Demuynck, Zico Bailey; Patrick Reichelt. Pelatih: Tom Saintfiet

Prediksi Skor Indonesia vs Filipina: 2-1

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *