“Dinkes Aceh Besar Minta Petugas Puskesmas Deteksi Dini Hepatitis Bagi Kelompok Rentan

  • Bagikan

Aceh Besar – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar Neli Ulfiati SKM MPH meminta para petugas Puskesmas untuk mendeteksi dini penyakit Hepatitis, terutama pada kelompok yang beresiko.

” Kita harus melakukan deteksi dini penyakit Hepatitis terutama pada kelompok yang beresiko, ” kata Neli.

Hal tersebut disampaikannya dalam pertemuan monitoring dan evaluasi program Hepatitis bagi petugas Puskesmas dan Rumah Sakit di Hotel Permata Hati, Selasa, 25 Oktober 2022.

Neli mengatakan pertemuan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan SDM dalam tatalaksana dan manajemen pengendalian dan pencegahan hepatitis, menvalidasi data pengelola hepatitis, dan mendeteksi dini penyakit hepatitis pada kelompok beresiko (ibu hamil).

Ia menjelaskan Hepatitis adalah peradangan sel hati yang bisa disebabkan oleh infeksi (virus, bakteri, parasit), obat-obatan, konsumsi alkohol, lemak yang berlebihan dan penyakit auto imun. Hepatitis A dan E ditularkan melalui Feco-Oral dan jika terinfeksi dapat sembuh segera. Berbeda hal nya dengan Hepatitis B, C dan D ditularkan melalui Parenteral bisa menjadi kronis dan kemudian dapat menimbulkan sirosis serta kanker hati. Sehingga Hepatitis B dan C masih merupakan masalah kesehatan yang serius didunia.

” Penularan Hepatitis B pada ibu hamil ke anak terjadi sebesar 90-95%, ” jelasnya.

Mengingat dampak yang serius terhadap kesehatan masyarakat, maka di Indonesia sejak tahun 1992 bayi baru lahir diberikan imunisasi HB-0 sebagai salah satu upaya pencegahan hepatitis B. Di Kabupaten Aceh Besar kasus hepatitis B pada ibu hamil mencapai 28 kasus per bulan oktober.

“Ada 28 kasus ibu hamil yang terkena Hepatitis B di Kabupaten Aceh Besar, ” sebut Neli.

Ia meminta petugas puskesmas untuk bersama-sama membangun komitmen dalam meningkatkan pelayanan pada ibu hamil yang terinfeksi hepatitis B agar mendapatkan penanganan sesuai standart, sehingga resiko penularan infeksi dari ibu ke anak akan minimal.

BACA JUGA :   Ketum DPP IKAN, Apresiasi Disdikbud Aceh Besar Sosialisasi P4GN

“Mari sama-sama berkomitmen dalam melakukan pelayanan kesehatan sesuai standart terutama bagi penanganan ibu hamil yang terinfeksi Hepatitis B” tutupnya.”[]

Acehbesarkab

 

FA News

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *