Lanjutkan Banda Aceh Gemilang Jilid II, Aminullah Usman Dapat Dukungan Bebagai Kalangan 

  • Bagikan

Banda Aceh. FA News.ID | Dukungan dari berbagai kalangan kepada Aminullah Usman untuk melanjutkan Banda Aceh Gemilang Jilid II terus bergulir. Aminullah Usman merupakan figur yang dekat dengan rakyat, resmi mendaftar sebagai calon wali kota Banda Aceh untuk periode 2024-2029 melalui Partai PAN.

Berbagai elemen masyarakat mendukung Aminullah Usman bukan tanpa alasan. Seperti pimpinan dari pesantren terkemuka di kota ini. Diantaranya adalah Tgk. H. Mohd. Isa (Waled Isa) dari Dayah Darul Hijrah, Lamlagang; Tgk. H. Syukri Daud (Abi Pango) dari Dayah Raudhatul Jannah Al Waliyah; dan Tgk. H. Kamaruzzaman (Abu Ilie) dari Dayah Darul Amin, serta beberapa nama lainnya, menyatakan dukungan penuh kepada Aminullah Usman untuk maju sebagai calon wali kota Banda Aceh pada Pilkada 2024. Mereka beralasan sebab dukungan kepada Aminullah dikarenakan kedekatan Aminullah bersama alim ulama, kepedulian terhadap pembangunan di bidang agama, dan merindukan hadirnya Zikir Gemilang di Pendopo wali kota kembali.

Tokoh pendidikan Aceh, Dr Drs H Salman Ishak MSi, ikut mengutarakan dukungannya. Ia mengungkapkan bahwa Aminullah Usman semasa menjabat sebagai Wali Kota Banda Aceh, adalah sosok yang memiliki komitmen tinggi terhadap peningkatan mutu pendidikan di kota ini. “Oleh karena itu, saya yakin bahwa dunia pendidikan Banda Aceh masih membutuhkan kehadiran dan kontribusi beliau. Dan salah satu prestasi terbaiknya adalah penghargaan Ki Hajar Dewantara pada Hardiknas 2020,” ucapnya kepada media ini.

Tak ketinggalan, pelaku olahraga dan seni turut memberikan dukungan, menyadari pentingnya kontinuitas dalam pembangunan kota yang beragam ini. Selain itu, perhatian Aminullah terhadap pemberdayaan perempuan dan kaum ibu juga menjadi sorotan utama. Masyarakat menginginkan kepemimpinan yang sensitif terhadap isu-isu gender dan kesetaraan, dan Aminullah dianggap sebagai figur yang tepat untuk menjalankan peran tersebut.

BACA JUGA :   TPD Aceh Lepas Kepulangan Ketua Dewan Pakar TPN Sandiaga Uno, Ini Pesan Untuk Relawan

Kemudian, ada tokoh perempuan kota, yakni Cut Linda yang dijuluki ‘singa podium’. Ia mengatakan, Aminullah Usman merupakan sosok peduli kaum perempuan dan pantas diberikan dukungan. “Pak Amin, lanjutkan!,”.

Suara para penyandang disabilitas juga turut diserukan oleh M Nur Abdullah, selaku Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni). Semenjak Aminullah menjabat, perhatian bagi kalangan disabilitas luar biasa. “Kami selalu mendapatkan bantuan dari Pak Amin saat menjabat wali kota. Jadi, segala kebutuhan kami bisa terbantu meskipun kami tidak memiliki pekerjaan,”.

Ketua Team Entertainment Gemilang, Marwansyah pun ikut mengungkapkan pandangannya. Seratusan pegiat seni musik sangat berharap Aminullah dapt kembali memimpin Banda Aceh. “Dari dulu Pak Amin ini sangat peduli dengan musisi dan pegiat seni musik. Kita diberi ruang dan peluang untuk menyalurkan bakat para musisi dengan mengadakan event-event di kota,”.

Selanjutnya dari pelaku olahraga Aceh, Ruslan, pun mengatakan bahwa sosok Aminullah tak luput dari keaktifannya dan kepedulian di bidang olahraga untuk kemajuan olahraga di Aceh umumnya dan Banda Aceh khususnya.

Rahmat Jailani selaku ketua Pemuda Gemilang, yang juga mewakili milenial mengatakan, Aminullah sangat peduli kepada pemuda dan milenial. Tak bisa dipungkiri dalam berbagai kegiatan milenial Aminullah ikut serta menyukseskan.

Begitu pula para pelaku UMKM yang tumbuh pesat di Banda Aceh dari 8.900 menjadi 17.300 lebih yang menjadikan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi di Banda Aceh. Di mana Aminullah saat menjabat wali kota menciptakan berbagai ruang bagi pelaku UMKM seperti CFD, dan berbagai event lainnya di Banda Aceh.

Pada 4 April 2024, H Aminullah Usman, SE Ak MM, wali kota periode sebelumnya (2017-2022), secara resmi mendaftar sebagai calon wali kota Banda Aceh 2024 – 2029, melalui partai PAN Banda Aceh. Kehadirannya disambut hangat oleh ketua harian DPD PAN DR Musriadi Aswad dan sekretaris PAN Rahmat Jailani SH. Aminullah datang bersama perwakilan pendukung yang memenuhi ruangan.

BACA JUGA :   Pemerintah Aceh dan KIP Aceh Teken Dana Hibah Pilkada 2024

Ia menjelaskan bahwa alasan utama dirinya kembali maju adalah karena dorongan dan harapan dari berbagai kalangan masyarakat yang menginginkan Banda Aceh Gemilang Jilid II dilanjutkan.

“Maka saya berkesimpulan maju kembali menjadi wali kota Banda Aceh, melanjutkan Banda Aceh Gemilang jilid dua. Dengan fokus penguatan syariat Islam, bidang pendidikan dan ekonomi, dan juga hal lainnya yang masih membutuhkan perhatian Aminullah untuk dituntaskan demi kesejahteraan rakyat Kota Banda Aceh,” katanya.

Kesuksesan Aminullah Usman pimpin Banda Aceh periode 2017-2022 dapat dibuktikan dengan berbagai indikator diantaranya, bidang pendidikan mengangkat kualitas pendidikan dari 69 persen ditahun 2017 menjadi 92,39 persen tahun 2020, serta mempertahankan Banda Aceh sebagai Kota Referensi Pendidikan. Pihaknya juga berhasil menekan jumlah pelanggaran syariah Islam. Berdasarkan data Satpol PP dan WH kota, tahun 2017 terdapat 215 pelanggaran, dan menurun pada 2019 menjadi 53 kasus pelanggaran syariat.

Begitu juga peningkatan jumlah UMKM di Banda Aceh. Pada tahun 2017, jumlah UMKM di Banda Aceh 8.255 unit. Meski diterpa pandemi Covid-19, namun jumlah UMKM pada tahun 2021 mencapai 16.970 unit, dan pada masa jabatannya berakhir tahun 2022 berhasil menembus 17.300 UMKM.

Dan diketahui, IPM Banda Aceh tahun 2018 berada pada angka 84.37, lalu menjadi 85.07 tahun 2019, dan kemudiam menjadi 85,41 pada 2020. Bahkan, pada tahun 2021, Banda Aceh kembali menempati posisi kedua IPM di Indonesia dengan poin 85,71 tertinggi nomor dua di Indonesia. Menurunkan angka kemiskinan 7,13 persen, berada pada posisi terendah di Aceh, dan dengan pertumbuhan ekonomi 5,53 persen. Dan teranyar, meraih 120 penghargaan dari daerah, Nasional dan luar negeri.[MD/*]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *