KIP Aceh Minta Pantarlih Door To Door Data Pemilih Pilkada 2024

  • Bagikan
KIP Aceh Minta Pantarlih Door To Door Data Pemilih Pilkada 2024

FANEWS.ID -Komisi Independen Pemilihan (KIP) mengingatkan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) agar turun langsung ke rumah-rumah warga untuk mendata pemilih Pilkada 2024.

“Tugas mereka melakukan pendataan pemilih. Mereka harus melakukan (pendataan) door to door, jadi bertemu langsung pemilihnya di tempat masing-masing,” kata Ketua KIP Aceh, Saiful Bismi, Selasa (25/6).

Sebelumnya, sebanyak 14.302 petugas Pantarlih sudah dilantik secara serentak. Mereka bertugas mencocokkan, meneliti, dan mendaftarkan warga sebagai pemilih pada Pilkada 2024.

“Namanya pencocokan dan penelitian (coklit). Mereka sudah mulai bekerja dari tanggal 21 kemarin, melakukan coklit itu,” ujarnya.

Menurut Saiful, Pantarlih juga wajib memastikan akurasi data pemilih. Sebab data pemilih yang valid merupakan salah satu kunci kesuksesan Pilkada 2024.

“Saya berharap mereka juga memberikan informasi-informasi yang betul, sehingga pemilih di Aceh itu masuk dalam DPT yang telah memenuhi syarat. Tidak ada lagi pemilih yang sudah memenuhi syarat itu tidak masuk dalam DPT,” jelasnya

Selain itu, Saiful juga meminta masyarakat agar pro aktif memberikan informasi yang benar kepada petugas Pantarlih.

“Warga nanti menunjukkan KTP atau KK, karena itu yang dibutuhkan. Nantinya petugas akan mencocokkan nama, NIK, dan tempat tanggal lahir,” ungkapnya. (red/habaaceh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *