Kejari Aceh Besar Sukses Bawa Duta Pelajar Sadar Hukum Masuk ke Sepuluh Besar

  • Bagikan

Aceh Besar (fanews.id) — Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Besar sukses membawa Duta Pelajar Sadar hukum tingkat SMA/SMK/MA Se-Provinsi Aceh tahun 2020 yang dilaksanakan melalui sarana video conference, bertempat di Aula Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Selasa (08/11/2020).

Keberhasilan utusan Aceh Besar pada babak penyisihan 10 besar Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2020 diwakili oleh Vania siswi dari SMAN 1 Montasik dan Mukhtasar siswa dari SMA Ali Hasymy.

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan diantaranya Kadis Pendidikan Provinsi Aceh yang diwakili oleh Sekdis Pendidikan, Teuku Nara Setia, SE.AK Msi, Kajati Aceh yang diwakili oleh Kasi Penkum, H Munawal Hadi, SH MH

Hadir juga, Kajari Aceh Besar, Rajendra D Wiritanaya SH, Kacab Dinas Pendidikan Se-Provinsi Aceh, Para Dewan Juri Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tahun 2020, Para Kasi Intelijen Se-Provinsi Aceh, dan Para Guru pendamping peserta seleksi serta Para siswa dan siswi peserta seleksi duta pelajar sadar hukum se-Provinsi Aceh.

Kasi Penkum, H Munawal Hadi, SH MH selaku Ketua Panitia, yang menyampaikan pemahaman dan kesadaran hukum yg baik dimulai dari usia remaja, banyak kasus pelanggaran oleh anak usia muda sehingga penting untuk secara konsisten melakukan penyuluhan hukum bagi siswa, guru dan masyarakat luas akan pentingnya memiliki pemahaman dan kesadaran akan hukum.

Bahwa kita memahami pentingnya melakukan pencegahan daripada harus melakukan penegakan hukum melalui proses peradilan, sehingga kita mulai memberikan pemahaman kepada pelajar di Provinsi Aceh yang menjadi generasi penerus dan menjadi kebanggaan Bangsa.

Kegiatan Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum sudah digelar dalam beberapa tahun terakhir yang dalam pelaksanaannya mengangkat berbagai tema terkait aturan hukum yang berlaku untuk mengetahui tingkat pemahaman hukum para siswa.

BACA JUGA :   Ini Pesan Gubernur Aceh Nova Iriansyah Pada Acara Wisuda Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa

“Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tahun 2020 dilaksanakan secara daring oleh para pemenang yang mewakili tiap Kabupaten di Provinsi Aceh yang terdiri dari 1 orang siswa dan 1 orang siswi,” ungkap H Munawal Hadi.

Menurutnya, Penyelenggaraan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah dan Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum terselenggara atas adanya kerjasama yg baik antara Kejaksaan Tinggi Aceh dan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh yang bertujuan demi mewujudkan dunia pendidikan Aceh yang bermutu, berakhlak karimah dan bermutu tinggi serta menemukan bibit unggul pelajar Aceh yang memahami kaidah hukum serta norma yang ada ditengah masyarakat.

“Insyaa Allah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar serta bagi seluruh peserta semoga dapat memberikan penampilan terbaik dan menjadi inspirasi bagi teman teman pelajar lainnya,”ujarnya.

Sekdis Pendidikan Provinsi Aceh, yang menyampaikan selamat datang para peserta seleksi duta pelajar sadar hukum tingkat SMA se-Provinsi Aceh tahun 2020 yang dilaksanakan secara daring ini, kegiatan ini memiliki nilai strategis dalam mendukung mutu dan kualitas pendidikan di Provinsi Aceh yg dapat terselenggara berdasarkan perjanjian kerjasama antara Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dan Kejaksaan Tinggi Aceh pada tanggal 28 September 2017 dan dapat dilaksanakan hingga saat ini.

Pendidikan merupakan wadah pembentuk karakter generasi penerus bangsa yang dapat membentuk bangsa yg kokoh dan bermartabat serta sesuai dengan nilai dan norma yg ada ditengah masyarakat serta membentuk siswa yang berbudi pekerti luhur.

Diharapkan siswa dapat memahami hukum sejak dini sehingga terbentuk karakter yg baik, kami mengharapkan siswa yg terpilih sebagai Duta Pelajar Sadar Hukum Tahun 2020 agar dapat menjadi rule model bagi pelajar di daerahnya masing masing, kalianlah salah satu harapan pendidikan Aceh yg bermutu dan bermartabat.
Dengan mengucapkan bismillaaahirrahmaanirrahiim kegiatan Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat SMA se-Provinsi Aceh tahun 2020 dengan ini saya nyatakan dengan resmi dibuka.

BACA JUGA :   Luar Biasa Kepedulian Pemerintah Aceh Bagi Warga KAT di Sikindo. Ini Penjelasan Karo Humas Aceh

“Pembukaan babak penyisihan 10 besar Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat SMA/SMK/MA Se-Provinsi Aceh Tahun 2020 dengan penabuhan rapa’i secara bersama sama oleh Sekdis Pendidikan Provinsi Aceh, Kasi Penkum Kejati Aceh dan Para Dewan Juri,” ujarnya.

Adapun babak penyisihan 10 besar Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2020 diwakili oleh Vania siswi dari SMAN 1 Montasik dan Mukhtasar siswa dari SMA Ali Hasymy.

Babak penyisihan 10 besar dan babak final Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat SMA/SMK/MA dilaksanakan pada tanggal 08 Desember 2020 melalui sarana video conference serta dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, sedangkan babak final akan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 12 Desember 2020 bertempat di Ballroom Hotel Grand Aceh

Bahwa sekira pukul 18.00 WIB Babak Penyisihan 10 Besar dan Babak Final Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat SMA/SMK/MA se-Provinsi Aceh Tahun 2020 selesai dilaksanakan dengan hasil yang membanggakan dimana wakil Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2020 lolos menuju babal final.

Kajari Aceh Besar menyampaikan bahwa hasil yang diraih oleh anak anak kami Mukhtasar yang merupakan siswa SMA Ali Hasymy dan Vania yang merupakan siswi SMA 2 Montasik merupakan hasil dedikasi dan kerja keras mereka selama ini, kami melihat mereka sangat bersungguh sungguh dalam mempersiapkan performance mereka untuk babak penyisihan hingga final nanti.

Sebelumnya pada seleksi tingkat kabupaten mereka merupakan yg terbaik dari seluruh peserta lainnya dari kabupaten aceh besar yang juga telah memberikan penampilan terbaik mereka
Insyaa Allah segala bentuk ikhtiar dan tawakkal anak anak kami diberi balasan yang terbaik dari Allah SWT
Guru pendamping anak anak yakni ibu Evy dari SMA Ali Hasymy juga sangat baik dalam menjalin koordinaao dengan pendamping dari Kejari aceh besar yakni kasi intelijen deddi maryadi

BACA JUGA :   Tingkatkan Kompetensi Personel, Tim Raimas Ditsamapta Polda Aceh Rutin Gelar Latihan

“Saya selaku Kajari Aceh Besar sangat gembira melihat capaian anak anak, dimana progres mereka sesuai yg kami ekspektasikan melihat dari semangat anak anak pada saat kami berikan arahan dan bimbingan di kantor kejaksaan negeri aceh besar sebelum pelaksanaan babak penyisihan ini,” ungkapnya.

Sambung Rajendra, “Insyaa Allah anak anak kami berhasil keluar sebagai juara seleksi duta pelajar sadar hukum provinsi aceh tahun 2020,” harap Rajendra D Wiritanaya SH.[*]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *