Kecamatan Simpang Tiga Aceh Besar Gelar Musrenbang RKPD 2022, Ini Prioritasnya.

  • Bagikan

Pelaksanaan Kegiatan Musrembang (foto/fanews.id)

FANews.id | Kecamatan Simpang Tiga  menggelar Musrenbang rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Besar tahun 2022, di Aula Kantor Setempat Selasa (23/2/2021).

Mursidah .ST.M.Si ( Kabid Promosi Bappeda Aceh Besar dan mewakili Bupati Aceh Besar,
Mengatakan Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Besar tahun 2022 Kecamatan Simpang Tiga dengan tema, percepatan pemulihan ekonomi masyarakat dan reformasi sosial yang berkeadilan dengan berlandaskan syariat islam.

Kabid Promosi Bappeda Aceh Besar dalam sambutannya  mengatakan tujuan pelaksanaan musrenbang ini adalah untuk mencari program prioritas agar dapat meningkatkan hajat hidup orang banyak di kecamatan Simpang Tiga.

Musrenbang berdasarkan undang-undang no 25 thn 2004 tentang perencanaan pembangunan nasional. “APBD lebih banyak terserap untuk belanja aparatur sebesar 70 persen sedangkan belanja publik hanya 30 persen karena wilayah Aceh Besar yang luas,”jelas Mursidah.

Camat Simpang Tiga Muhammad Basir. SSTP. M.Si mengatakan musrenbang harus dilaksanakan setiap tahun dan akan menjadi acuan pemda dalam rencana pembangunan selanjutnya. Musrenbang kali ini diikuti oleh 18 Geuchik Gampong dan semua unsur masyarakat di Kecamatan Simpang Tiga.

Dijelaskan musrenbang ini akan mendiskusikan 3 program prioritas di kecamatan Simpang Tiga yaitu kegiatan sarana dan prasarana, kegiatan Ekonomi, kegiatan Sosial Budaya.

Mantan Kabag Humas Aceh Besar ini mengatakan bahwa proses perencanaan pembangunan selain bertujuan untuk koordinasi antar pelaku pembangunan, juga bertujuan untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan mengoptimalkan partisipasi masyarakat dan menjalin tercapainya penggunaan sumber daya secara efesien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan .

” Karena itu tujuan dan sasarannya hendak dicapai melalui pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan adalah penajaman, penyelarasan, klarifikasi dari kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Kampung yang diintregasikan dengan skala prioritas pembangunan daerah di Wilayah Kecamatan serta tersedianya dokumen perencanaan pembangunan tahun anggaran 2022 yang utamanya adalah memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat,” jelas Muhammad Basir.

BACA JUGA :   Inggris Ingin Ukir Sejarah, Italia Bidik Trofi Kedua

Sementara Anggota DPRK Aceh Besar Dapil 3 Mahdi Basyah . ST. MT mengatakan bentuk Kewajiban anggota DPRK untuk menjalankan aspirasi masyarakat, dengan program unggulan untuk mendongkrak taraf ekonomi masyarakat.  dimana masyarakat di kecamatan Simpang Tiga 70% Disektor Pertanian.

Adapun,  semua usulan kegiatan masyarakat sudah ditinjau dengan sebenar-benarnya agar benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Mahdi Basyah Politisi PAN Aceh Besar.

Dan berharap kepada Pemerintah Kabupeten Aceh Besar dan DPRK, Kami bersama pak camat dan DPRK dapil 3 Aceh Besar untuk membantu realisai usulan masyarakat salah satu program dari 18 Gampong,  rehap rumah yang masih ada masyarakat yang membutuhkannya. Karena pembangunan rumah layak huni tidak ada lagi.

Mahdi Basyah melanjutkan Sebagai bentuk dukungannya moril dan tanggung jawab menyerahkan 2 jt kepada Gampong Krueng Mak, atas keberhasilannya dalam proses tercepat penyaluran dana desa pada tahun 2021. Pungkasnya.

Dan dilanjutkan penyerahan penghargaan dari Kemendes RI salah satu Gampong yang tercepat proses penyaluran dana desa tahun anggaran 2021, dan penyerahaan piagam penyaluran dana BLT tepat waktu, dalam kecamatan Simpang Tiga, dari 18 Gampong , Gampong Krueng Mak. Oleh Mahdi Basyah dan Camat Simpang Tiga.

Turut hadir Anggota DPRK Aceh Besar Mahdi Basyah.S.T.M.Si Politisi PAN, Saifuddin Anggota DPRK Aceh Besar (Partai Golkar), Kapolsek, Danramil dan Para Undangan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *