Kadis PUPR Aceh: Jembatan Kilangan Akses Penghubung untuk Konektivitas Masyarakat Singkil

  • Bagikan
Kadis PUPR Aceh: Jembatan kilangan Akses Penghubung untuk Konektivitas Masyarakat Singkil

FANEWS.ID – Jembatan Kilangan yang akan menghubungkan Kuala Baru, Aceh Singkil dengan Bulu Sema, Trumon, Aceh Selatan sudah tersambung.

Jembatan Kilangan itu merupakan mimpi besar masyarakat Aceh Singkil yang terisolir sekian lamanya, dengan adanya konektivitas daerah tersebut bisa menjadi akses penghubung jembatan penyeberangan Aceh Singkil- Kuala Baru- Bulu Sema, yang sudah puluhan tahun menjadi impian warga setempat.

Kadis Dinas PUPR Aceh, Mawardi mengatakan, jembatan penghubung antara Kecamatan Singkil dengan Kecamatan Kuala Baru ini Merupakan jembatan terpanjang di Aceh dengan panjang rangka baja 400 meter, serta oprit sepanjang 80 dan 60 meter.

Selain menjadi jembatan yang terpanjang di Aceh, Sebut Mawardi, jembatan kilangan juga menjadi salah satu akses penghubung yang vital untuk konektivitas masyarakat Singkil ke daerah Aceh Selatan.

Jembatan itu sebutnya, dibangun dengan skema penganggaran tahun tunggal di mana anggarannya dialokasikan secara bertahap per tahun.

Dikatakan Mawardi, Kecamatan Kuala baru merupakan bagian dari wilayah Aceh Singkil yang terhubung langsung dengan Trumon, Aceh Selatan melalui jalur darat. Artinya, dengan dibangunnya jembatan penghubung itu wilayah Singkil dapat terakses langsung dengan Aceh Selatan. Untuk diketahui Kecamatan Kuala Baru memiliki empat desa yakni Desa Kayu Menang, Desa Kuala Baru Sungai, Desa Kuala Baru Laut, dan Desa Suka Jaya.

“Jembatan rangka baja kilangan itu dibangun untuk membebaskan masyarakat kilangan dari isolasi transportasi darat. Selain itu untuk melancarkan jalur jalan tembus Trumon Bulu Sema, Aceh Selatan dengan Kecamatan Kuta Baro Aceh, Singkil. Untuk itu dengan adanya jembatan itu, penjualan hasil bumi penduduk setempat dapat diakses dengan mudah, seperti kelapa sawit, coklat, dan tangkapan ikan nelayan bisa diangkut melalui jalur darat,” kata Mawardi dalam keterangannya, Senin (28/8/2023).

BACA JUGA :   Samsul Bahri Gantikan Posisi Almarhum Herman Jadi Anggota DPR Aceh

Dikutip dari halaman biroadmpemb.acehprov.go.id, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh, T. Robby Irza mengatakan, hal positif bagi masyarakat Kabupaten Aceh Singkil khususnya Kecamatan Kuala Baru sangat antusias terkait dengan hadirnya ruas Jalan Trumon – Buluseuma – Kuala Baru – Kilangan.

“ini merupakan harapan kita semua, InsyaAllah ini bermanfaat bagi kita semua khususnya masyarakat di Kayu Menang Kecamatan Kuala Baru Kabupaten Aceh Singkil,” ujarnya.

Robby menambahkan Ruas Jalan Trumon sampai Kilangan menjadi prioritas, dimana akses jalan tersebut dapat menjadi alternatif akses jalan provinsi dari Kabupaten Aceh Selatan menuju Kabupaten Aceh Singkil, dimana mampu memangkas waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Robby juga berharap agar kedepannya ruas jalan tersebut menjadi bagian dari jalan nasional untuk bisa mengakses jalan lintas Barat Sumatera

”Bagi masyarakat yang akan berangkat dari Barat Selatan (Barsela) menuju Kota Padang bisa menggunakan akses jalan tersebut, sehingga Singkil tidak menjadi kota akhir perjalanan, melainkan menjadi kota transit menuju ke lintas provinsi lainnya dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” demikian tutup Robby.(*)

sumber: InfoPublik

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *