Harga BBM Pertamina Tidak Naik

  • Bagikan
Harga BBM Pertamina Tidak Naik

FANEWS.ID – PT Pertamina (Persero) tidak menaikkan harga bahan bakar minyak per 1 Mei 2024. Harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex masih dipatok dengan harga yang sama sejak awal 2024.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan keputusan tidak mengubah atau menaikkan harga BBM mengacu pada beberapa aspek, yakni Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU) atau BBM non subsidi.

Dalam aturan tersebut, formulasi harga BBM di antaranya dipengaruhi oleh nilai tukar terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan Means Oils of Platts Singapore (MOPS).

“Meski harga minyak dunia merangkak naik dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah, PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, tidak menaikkan harga BBM non subsidi,” kata Irto saat dihubungi, Kamis (2/4/2024).

Kemudian, harga BBM non subsidi tidak dinaikkan meski kurs melemah juga disebabkan karena dukungan untuk menjaga stabilitas ekonomi di Tanah Air.

“Penyesuaian harga BBM nonsubsidi memang mengacu pada regulasi. Namun pada kondisi saat ini kami mendukung upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian,” tutur Irto.
Daftar Harga BBM Pertamina:

Pertamax Rp12.950/liter

Pertamax Green 95 Rp13.900/liter

Pertamax Turbo Rp14.400/liter

Dexlite Rp14.550/liter

Pertamina Dex Rp15.100/liter.

Untuk diketahui, harga tersebut berlaku untuk wilayah Pulau Jawa dan wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen.(tirto/red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *