Dinas Arpus Gelar Rakornis Bidang Perpustakaan Kabupaten / Kota Se Aceh

  • Bagikan

Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT mengharapkan bidang Perpustakaan menjadi pusat keunggulan dan diperhitungkan yang dibacakan Oleh Asisiten adminitrasi umum Setdakab Aceh Tengah, Arslan Abdul Wahab.

 

Aceh Tengah (fanews.id) — Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengharapkan bidang Perpustakaan menjadi pusat keunggulan ( centre of excellence) dan diperhitungkan, baik secara regional maupun nasional. Hal tersebut diungkap Plt Gubernur dalam sambutannya pada pembukaan Rakornis bidang Perpustakaan 2020 yang di bacakan oleh Asisiten adminitrasi umum Setdakab Aceh Tengah, Arslan Abdul Wahab.

Rakornis Bidang Perpustakaan yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh berlangsung selama 4 hari sejak 11 Maret hingga – 13 Maret di hotel Bayu Hill, Aceh Tengah.

Selain itu Gubernur Aceh menyampaikan, Perpustakaan di aceh juga diharapkan dapat mendorong pembelajaran masyarakat dalam upaya menuju masyarakat madani yang sadar informasi.

“Untuk itu, saudara – saudara yang terlibat dibidang ini perlu senantiasa meningkatkan kreativitas dan inovasi dibidang perpustakaan guna diimplementasikan baik dari segi efektifitas program maupun dari segi efisiensi pembiayaan,” ujar Plt Gubenrur Aceh dalam sambutannya yang dibacakan Asisiten adminitrasi umum Setdakab Aceh Tengah, Arslan Abdul Wahab, Kamis (12/03/2020).

Plt Gubernur Aceh juga mengharapkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh memiliki terobosan dan inovasi teknologi dalam pengembangan perpustakaan dan dunia literasi di Aceh.

“Saudara – saudara sekalian agar dapat melakukan koordinasi, dan sinkronisasi pemikiran serta program yang jelas, terukur, dan terarah, antar institusi ditingkat provinsi dan kabupaten/kota,” ujar nya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr.Roeslan Abdul Gani, mengatakan kegiatan rakornis bidang perpustakaan ini merupakan agenda penting di dinas yang dipimpinnya tersebut untuk mensinkronkan kegiatan dari nasional hingga ketap kabupaten/ kota, untuk menggaungkan pentingnya dunia literasi di Aceh dan penguatan budaya literasi menuju Aceh hebat.

BACA JUGA :   Sekda Aceh Sebut Dana Refocusing 2020 Tidak Harus Digunakan untuk Penanganan Covid-19

“Kita itu harus kompak dan mensikronkan kegiatan – kegiatan kita, hingga kita dapat menggagungkan minat baca, meningkatkan kecerdasan masyarakat hingga dinas kita ini dipertimbangkan, karena telah memberi kontribusi terhadap masyarakat,” ujar Dr. Roeslan Abdul Gani dalam sambutannya.

Dr. Roeslan Abdul Gani menambahkan perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan mampu berdaya saing di era global.

“Kesenjagan pembangunan manusia antar daerah harus dipersempit, salah satu upayanya ialah meningkatkan akses pengetahuan keseluruh pelosok Aceh, oleh karena itu perpustakaan merupakan lembaga yang mampu memastikan setiap warga negara memperoleh akses pengetahuan secara terbuka dimana dan kapapun mereka berada,” tambahnya.

Rakornis Bidang Perpustakaan yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh ini diikuti oleh 23 Kepala Dinas dan 46 kepala Bidang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten/kota se Aceh.

****(Pariwara) ****

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *