Demi Masyarakat Pemerintah Aceh Akan Bangun Empat Jembatan Rangka Baja di Lintas Jantho-Lamno

  • Bagikan

Banda Aceh (fanew.id) — Pemerintah Aceh kembali akan membangun empat unit jembatan rangka baja pada lintasan Jalan Jantho, Aceh Besar-Lamno, Aceh Jaya. Untuk proyek pembangunan empat jembatan di lintas antarkabupaten tersebut, Pemerintah Aceh telah menganggarkan dana sebesar Rp 34,7 miliar dalam APBA tahun 2020.

“Pembangunan 4 unit jembatan rangka baja tersebut pada tahun ini, merupakan tekad dari Pemerintah Aceh untuk mempercepat penyelesaian pembangunan ruas jalan Jantho–Lamno itu agar bisa fungsional,” kata Asisten II Setda Aceh, H T Ahmad Dadek usai meninjau lokasi pembangunan keempat jembatan rangka baja itu, Kamis (17/9/2020).

Dari empat lokasi pembangunan jembatan rangka baja yang sudah ditinjau tersebut, sebut Dadek, baru satu unit yang tahapan pekerjaan pembangunannya sudah selesai pemasangan rangka baja sepanjang 50 meter, yaitu di lokasi Krueng Cot Empe.

Sedangkan tiga lokasi lagi, yaitu di Sungai Tuwi Keubu, Motodam I, dan Motodam II, beber Dadek, tahapan pekerjaannya ada yang masih pengalian sumur untuk pembangunan kepala jembatan dan ada juga yang sudah sampai tahapan pengecoran sumur kepala jembatannya.

Untuk tiga lokasi pembangunan jembatan rangka baja itu, tukas Dadek, pihaknya sudah menekankan kepada rekanan untuk meningkatkan kinerja pekerjaan di lapangan. “Ada di satu lokasi, untuk pengecoran kepala jembatannya masih menggunakan cara manual yaitu dengan tenaga buruh. Harusnya, untuk pekerjaan pencampuran semen dan pasir jangan lagi menggunakan tangan manusia, minimal gunakan molen pengaduk semen,” urainya.

Empat unit jembatan rangka baja yang dikerjakan tahun ini, sebut HT Ahmad Dadek, mati kontraknya pada tanggal 20 Desember 2020. Oleh sebab itu, kepada tiga rekanan yang sekarang ini sedang mengerjakan pembangunan kepala jembatan, diharuskan segera memesan paket rangka baja pada bulan ini. “Supaya pada pertengahan bulan Oktober nanti, rangka baja jembatannya sudah masuk ke lokasi proyek untuk dipasang,” papar Asisten II Setda Aceh itu.

BACA JUGA :   Terapkan Protkes, Pemerintah Aceh Gelar Peringatan 16 Tahun Tsunami

Sumber : AcehBesarNow

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *