Kegiatan Safari Ramadhan di Mesjid Al Hidayah Meureubo Aceh Barat

Aceh Barat – Kadinkes Aceh, dr. Hanif, ikut melakukan penanaman pohon di halaman Mesjid Meureubo Aceh Barat. Ada 10 batang pohon yang hari ini ditanam dilingkungan mesjid Al-Hidayah, Meureubo, Aceh Barat itu, terdiri dari pohon mangga dan pohon jambu.Meulaboh, (17/04/2021).

Kegiatan penanaman pohon dilingkungan mesjid ini merupakan bagian dari kegiatan safari Ramadhan pemerintah Aceh tahun ini. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan safari ramadhan tahun ini  digelar secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain mengadakan tausiah, Safari juga dirangkai dengan kegiatan bersih, rapi, estetis dan hijau atau BEREH di tiap lingkungan masjid, tempat digelarnya Safari Pemerintah Aceh.

Ini adalah merupakan bagian dari program New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh tahun 2021 yang mengusung tema Gerakan BEREH yaitu Bersih Rapi Estetik dan Hijau Masjid dan GESID Gerakan Vaksinasi Covid 19.

Dalam kegiatan yang berlangsung dari jam pagi hingga siang itu, tim dari Dinas Kesehatan Aceh berkolaborasi dengan sejumlah unsur lainnya, termasuk unsur dari Dinas Kesehatan Aceh Barat, Puskesmas Meureubo, Camat, Babinsa, Pak Keuchik dan masyarakat Meureubo, Sabtu (17/04/2021).

Aksi beres-beres mesjid dan penanaman pohon itu langsung dipimpin Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Ferdiyus, SKM, M.Kes. Kegiatan ini juga turut diikuti sejumlah kepala Bidang dan kepala seksi dilingkungan Dinas kesehatan Aceh.

Selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa pejabat dilingkungan dinas kesehatan Aceh Barat.

Kegiatan tersebut juga melibatkan berbagai elemen penting lainnya yang bertanggung jawab di wilayah masjid yang dilaksanakan Safari Ramadhan oleh Pemerintah Aceh.

Tahun ini Pemerintah Aceh menggelar secara serentak kegiatan puncak Safari Ramadhan di 54 mesjid yang tersebar di 23 kabupaten/kota di seluruh Aceh. Setiap masjid dikoordinir oleh satu Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA).

Di Masjid Al Hidayah, Meureubo Aceh Barat sendiri, pelaksanaan Safari Ramadhan menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Aceh.

“Ini bagian dari program BEREH yang sengaja menyasar lingkungan masjid, agar rumah Allah ini terlihat bersih dan rapi, demi meningkatkan kualitas dan kekhusyukan ibadah masyarakat di bulan Ramadhan”, terang Hanif.

Ajakan Bereh dan Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Penceramah kegiatan Safari Ramadhan Tahun 1442 Hijriah yang digelar oleh Pemerintah Aceh, DR. Munawar A. Jalil, MA, dalam tausiahnya mengajak masyarakat untuk menggalakkan gerakan bersih, rapi, estetis dan hijau atau BEREH di lingkungan tempat ibadah dan sekitarnya.

“Didalam masyarakat kita, ada satu tradisi yang sudah mengakar di dalam kehidupan masyarakat kita, yaitu menjelang Ramadhan ada satu hari yang sudah ditentukan untuk membersihkan lingkungan, membersihkan masjid, membersihkan meunasah, yang itu sudah menjadi sebuah tradisi masyarakat kita. Ini selaras dengan program BEREH yang saat ini Kembali digencarkan oleh pemerintah Aceh”, tegas Munawar.

Selain itu, penceramah juga akan menyampaikan pesan tentang pentingnya menyukseskan vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang digelar pemerintah.

Masyarakat harus memahami akan pentingnya vaksinasi Covid-19, guna mendukung pemulihan berbagai dampak yang terjadi akibat wabah corona.

Ia juga menaruh harapan besar agar masyarakat dapat mendukung gerakan vaksinasi itu.*(Dinkes Aceh)*

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *