Apa Itu Pubertas Pada Wanita dan Pria Serta Perbedaan Ciri Fisik

  • Bagikan
apa itu pubertas

Apa itu pubertas dan perbedaannya antara wanita atapun pria menjadi pertanyaan yang sering muncul, terlebih untuk remaja. Fase pubertas sifatnya semu dan perubahannya terkadang tidak disadari.

Namun, normalnya setiap manusia baik wanita atau pria pasti akan mengalami fase tersebut. Tidak perlu khawatir karena hal ini sangat ilmiah dan lumrah.

Bahkan yang perlu dicurigai adalah jika manusia tidak mengalami pubertas. Karena bisa jadi orang tersebut mengalami gangguan pada produksi hormon.

Sekarang mari kenali lebih lanjut mengenai pubertas. Bagaimana perbedaan pubertas pada wanita dan pria hingga perbedaan ciri fisiknya.

Apa Itu Pubertas

Pubertas merupakan perubahan pada tubuh manusia yang menandakan masuknya fase kematangan reproduksi beserta dengan perkembangan organ lainnya. Bentuk perubahan yang sangat jelas terlihat adalah pada fisik, namun secara ilmiah pubertas juga mempengaruh emosional seseorang.

Itulah kenapa fase pubertas perlu diwaspadai baik oleh diri sendiri atau orangtua. Pada fase ini peran orangtua dan lingkungan sangat penting untuk memberikan pengertian dan dukungan. Penyebab manusia mengalami pubertas adalah karena adanya perubahan hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Ciri Pubertas Pada Wanita

Wanita pada umumnya mengalami fase pubertas ketika diusia 11 tahun ke atas. Namun, ada juga yang lebih cepat atau lambat dari usia tersebut. Dibandingkan dengan pria, ternyata wanita mengalami fase pubertas jauh lebih cepat. Tanda-tanda jika wanita sudah mengalami pubertas adalah sebagai berikut.

1. Perubahan Fisik

Perubahan fisik yang terjadi pada wanita yaitu pinggul lebih besar dan lebar, tinggi bertambah lebih cepat, munculnya jerawat di wajah, payudara mulai tumbuh dan tubuh lebih berisi. Setiap fase bisa jadi datang secara bertahap, tidak sekaligus.

BACA JUGA :   Pj Bupati Aceh Jaya Tinjau Gedung Baru RSUD Teuku Umar

2. Menstruasi

Menstruasi/haid/datang bulan ditandai dengan keluarnya darah dari organ kemaluan secara rutin setiap bulan. Terjadinya menstruasi menandakan organ reproduksi sudah berkembang. Menstruasi terjadi karena adanya penebalan dinding rahim dan ketika tidak dibuahi maka akan keluar dalam bentuk darah.

3. Pertumbuhan Rambut di Area Tertentu

Pada bagian-bagian tertentu di tubuh akan mulai tumbuh rambut-rambut halus. Diantaranya pada bagian ketiak dan area kemaluan. Jika mengalami fase ini mulailah untuk melakukan perawatan dan membersihkan diri dengan baik.

Ciri Pubertas Pada Pria

Sementara untuk pria umumnya mengalami fase pubertas ketika menginjak usia 12 tahun ke atas. Pria juga akan mengalami perubahan bentuk tubuh dan tidak ada menstruasi. Ingin tahu apa itu pubertas pada pria? Simak informasi berikut ini.

1. Perubahan Bentuk Tubuh

Tidak hanya wanita, tapi pria juga mengalami perubahan fisik. Diantaranya massa otot bertambah, perubahan tinggi yang signifikan, jerawat., alat kelamin membesar, dan terjadinya perubahan suara. Suara pria akan terdengar lebih dalam ketika menginjak fase pubertas.

2. Mimpi Basah

Jika wanita mengalami menstruasi, maka pada pria terjadi yang namanya mimpi basah. Mimpi basah merupakan ejakulasi yang terjadi pada saat tidur. Hal ini normal, menandakan organ reproduksi sudah berkembang dengan baik.

Selain itu mimpi basah juga menandakan fase produksi hormon testosteron. Hormon testosteron berguna untuk mempengaruhi massa otot, libido, dan juga membantu ketahanan energi.

3. Mengalami Ereksi

Selain mimpi basa, pria juga akan mengalami ereksi pada momen tertentu. Misalnya seperti sedang gugup atau bersemangat yang terkadang terjadi tanpa disadari.

Apa itu pubertas sekarang sudah terjawab, bukan? Jika mengalami fase di atas tidak perlu khawatir atau sungkan bercerita pada orang terdekat. Tidak hanya perubahan fisik, terkadang juga diikuti dengan perubahan emosional yang membuat remaja menjadi lebih sensitif.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *