Angka Kesembuhan Covid-19 Aceh Lampaui Nasional, Penderita Baru Sembilan Orang

  • Bagikan

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani

Banda Aceh (fanews.id) –— Angka kesembuhan (recovery rate) penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Aceh sudah mencapai 82,6% dan di atas recovery rate nasional saat ini, yakni 81,7%. Angka kesembuhan  merupakan perbandingan semua kasus sembuh terhadap kasus konfirmasi Covid-19. Sementara itu, sembilan kasus baru bertambah lagi dalam 24 jam terakhir.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media di Banda Aceh, Jumat, 5 Februari 2020.

“Delapan dari sembilan kasus baru yang dilaporkan tersebut datang dari daerah oranye, yakni zona risiko tinggi penularan virus corona,” tuturnya.

Ia mengatakan, kasus-kasus baru yang diderita warga di zona oranye meliputi warga Kota Lhokseumawe sebanyak lima orang, warga Kota Banda Aceh sebanyak dua orang, dan warga Gayo Lues, sebanyak satu orang. Sisanya satu orang merupakan warga Kabupaten Aceh Utara (zona kuning).

Zona oranye merupakan zona risiko sedang penularan, penyebaran, dan peningkatan kasus Covid-19. Sedangkan zona kuning, merupakan zona risiko rendah tapi tetap belum bebas dari ancaman penularan corona virus. Karena itu, meski warga di zona kuning tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan.

“Warga di zona kuning pun harus disiplin dan konsisten menjaga jarak dan menghindari kerumunan, memakai masker, dan selalu mencuci tangan dengan sabun,” katanya mengingatkan.

*Kasus Kumulatif*

Lebih lanjut, seperti biasa, Jubir Covid-19 itu melaporkan kasus kumulatif, sejak kasus pertama muncul di Aceh, pada 27 Maret 2020. Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara akumulatif sudah mencapai 9.285 orang. Penderita yang sembuh mencapai 7.668 orang, dan 377 orang dilaporkan meninggal dunia.

BACA JUGA :   Ombudsman Investigasi Dugaan Maladministrasi Bimtek

“Kasus meninggal dunia tidak bertambah dalam beberapa hari terakhir,” tambahnya.

Kemudian SAG merinci, kasus-kasus probable di Aceh yang secara akumulasi saat ini sudah sebanyak 667 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 19 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 582 sudah selesai isolasi, dan 66 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 6.479 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.250 orang sudah selesai masa isolasi, 184 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 45 orang isolasi di rumah sakit.[]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *