Aceh Masih Peringkat Pertama Perolehan Suara Sementara API 2021, Kadisbupdar: Ayo Vote!

  • Bagikan

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisbudpar) Provinsi Aceh, Jamaluddin

 

Banda Aceh – Provinsi Aceh masih berada di klasemen pertama perolehan suara sementara kandidat juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.

Berdasarkan data perolehan suara API 2021 untuk periode sampai dengan 30 September, terdapat lima provinsi dengan perolehan poin tertinggi, dan Aceh masih bertahan di tempat teratas dengan raihan 22 poin.

Sedangkan di posisi kedua ditempati oleh Nusa Tenggara Timur (14 poin), disusul Riau (14 poin), Sumatera Selatan (14 poin), dan Sumatera Barat (8 poin).

“Alhamdulillah, untuk periode sampai dengan 30 September 2021, kita (Aceh) masih di peringkat pertama dan semakin berpeluang untuk menjadi juara umum,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisbudpar) Provinsi Aceh, Jamaluddin di Banda Aceh, Jumat, 1 Oktober 2021.

Periode pemungutan suara API 2021 telah berlangsung selama tiga bulan. Memasuki periode akhir pemungutan suara hingga ditutup pada tanggal 31 Oktober 2021 ini, Jamaluddin mengajak masyarakat Aceh untuk terus memvote ke-12 nominasi pariwisata Aceh.

“Kami berharap kepada suluruh masyarakat untuk terus mendukung Aceh agar menjadi juara umum pada ajang API 2021. Caranya, dengan melakukan vote kepada masing-masing nominasi yang masuk ke dalam 12 kategori API 2021,” pintanya.

Jamaluddin menilai, tercantumnya Aceh di peringkat pertama berkat kolaborasi strategi dan upaya promosi dengan beragam inovasi yang telah dilakukan selama ini.

“Kami mengapresiasi kerja keras pemerintah kabupaten/kota, komunitas, penggiat wisata, dan masyarakat untuk mewujudkan Aceh menjadi juara umum API 2021,” pungkasnya.

Ketua Anugerah Pesona Indonesia, Hiro Kristianto, menjelaskan dari hasil perolehan suara sementara, banyak terjadi kejutan di beberapa kategori, terutama dengan naiknya beberapa nominasi yang sebelumnya masih berada di papan bawah klasemen.

BACA JUGA :   Plt. Sekda Bersama Plt. Ketua DWP Pidie Mengunjungi Stand Anjungan Kabupaten Pidie Pada PKA Ke - 8

“Hal ini terjadi karena banyak daerah yang sudah melakukan pelonggaran PPKM sehingga bisa melakukan kegiatan promosi dengan lebih gencar,” kata Hiro dalam siaran pers yang diterima acehtourism.travel, Jumat, 1 Oktober 2021.

Sebagai informasi, Malam Puncak API 2021 akan dilaksanakan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Segala persiapan pun sudah mulai dilakukan oleh panitia penyelenggara. Pelaksanaan Malam Puncak Anugerah Pesona Indoensia 2021 direncanakan akan digelar pada 30 November 2021 mendatang.

Berikut data perolehan suara (vote) nominasi pariwisata Aceh per kategori API 2021 dari seluruh channel vote (SMS, Youtube dan Instagram) mulai dari 1 Juli hingga 30 September 2021:

1. Minuman tradisional: Kopi Khop – Kabupaten Aceh Barat (5%)
2. Promosi Pariwisata Digital: IG@Explore_Gayo – Kabupaten Aceh Tengah (30%)
3. Brand Pariwisata: Charming Banda Aceh – Kota Banda Aceh (60%)
4. Destinasi Belanja: Paya Ilang – Kabupaten Aceh Tengah (7%)
5. Cindera Mata: Kasab Sulam Emas – Kabupaten Aceh Singkil (26%)
6. Ekowisata: Ujung Tamiang – Kabupaten Aceh Tamiang (8%)
7. Dataran Tinggi: Sigantang Sira – Kabupaten Aceh Selatan (47%)
8. Festival Pariwisata: Festival Pulau Banyak – Kabupaten Aceh Singkil (67%)
9. Destinasi Kreatif: Anjungan Tapak Tuan Tapa – Kabupaten Aceh Selatan (29%)
10. Destinasi Unik: Kopi Seladang – Kabupaten Bener Mariah (4%)
11. Destinasi Baru: Air Terjun Silelangit – Kota Subulussalam (29%)
12. Surga Tersembunyi: Gua Sarang – Kota Sabang (5%). []

Editor: Redaksi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *