DPRA Minta Pemkab Aceh Tamiang Perhatikan Jalan Rusak di Bandar Pusaka

  • Bagikan

Anggota DPR Aceh, Nora Idah Nita, kepala desa dan sejumlah warga setempat sedang membantu menarik satu unit truk yang terjebak dijalan rusak di Desa Blang Kandis. Foto: For AJNN.

ACEH TAMIANG – Anggota DPR Aceh, Nora Idah Nita, meminta kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang agar memperhatikan jalan rusak di Kampung Blang Kandis, Kecamatan Bandar Pusaka.

Pasalnya, jalan penghubung desa Batang Ara-Blang Kandis tersebut saat ini kondisinya rusak parah dan sangat memprihatinkan.

“Saya sudah turun ke Kampung Blang Kandis untuk melihat secara langsung kondisi jalan rusak disana. Setelah saya lihat, kondisi jalan disana memang harus diperhatikan,” kata anggota DPR Aceh, Nora Idah Nita kepada media, Senin (11/1).

Hasil tinjauanya yang dilakukan Minggu 10 Januari 2021 kemarin, kata Nora, jalan di Kampung Blang Kandis sangat susah untuk dilewati oleh masyarakat. Kondisinya bagaikan kubangan kerbau.

Menurut Nora, tidak sedikit mobil terjebak saat melintas di jalan Kampung Blang Kandis. Apalagi bila hujan turun, sepeda motor saja sulit untuk dilewati.

“Pemerintah Aceh Tamiang harus segera memperbaiki jalan rusak di Blang Kandis dengan menggunakan dana tanggap darurat. Minimal jalan tersebut harus dilakukan pengerasan, sebelum diusulkan untuk di aspal,” pinta Nora.

Yang sangat ironi, kata Nora, menurut laporan masyarakat, ada orang sakit, khususnya ibu hamil tidak bisa dijemput atau diantar menggunakan kenderaan roda empat untuk dibawa ke rumah sakit.

“Masyarakat harus membawa orang sakit dan ibu hamil menggunakan sepeda motor ke rumah sakit. Tidak bisa kita bayangkan bagaimana rasanya ibu hamil yang ingin melahirkan dibawa menggunakan sepeda motor,” sebut Nora.

“Kita sepakat dan mendukung untuk membangun serta menata kota Kuala Simpang. Tetapi pembangunan infrastruktur jalan, baik jalan penghubung antar kecamatan dan penghubung kampung dengan kampung tidak diabaikan. Jalan merupakan infastruktur dasar yang diperlukan untuk jaminan ekonomi masyarakat,” ungkap Nora.

BACA JUGA :   Penyerapan APBA tahun 2021 berjalan Normal

Ruas jalan yang rusak di Kampung Blang Kandis tersebut tidak termasuk dalam ruas jalan yang akan dibangun Pemerintah Aceh dengan skema proyek multiyears.

Pada tinjauan kemarin, sebagai bentuk atas keprihatinan selaku anggota DPR Aceh, Nora Idah Nita, telah menyerahkan bantuan ala kadar kepada Kepala Desa disana.

Terpisah, Datok Penghulu Kampung Blang Kandis, Heriyanto, yang dikonfirmasi AJNN mengatakan kondisi rusak jalan di kampungnya itu sudah luar biasa dan telah berlangsung lama. Selama ini masyarakat disana hanya bisa memperbaiki seadanya dengan cara bergotong royong.

“Jalan tersebut merupakan penghubung kecamatan juga, dari Bandar Pusaka tembus Tamiang Hulu, jadi tidak mungkin digunakan ADD untuk perbaikannya, rusaknya-pun sudah luar biasa, mobil yang ingin lewat aja nyangkut. Statusnya jalan kabupaten,” kata Hariyanto.

**”Parlementerial***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *