3.829 Jamaah Calon Haji Aceh Telah Divaksin Covid-19

  • Bagikan

Banda Aceh (FANews. Id)—Sebanyak 3.829  calon jamaa haji asal Aceh telah menjalani vaksinasi Covid-19 tahap satu hingga Jumat, 26 Maret 2021. Sementara 549 jamaah lainnya akan menyusul dan diperkirakan selesai mengikuti vaksinasi tahap pertama sebelum April mendatang.

Berdasarkan penetapan kuota jamaah haji, kuota jamaah haji Aceh tahun ini sebanyak, 4.378 orang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr. H. Iqbal, S.Ag., M.Ag mengatakan, Kementerian Agama terus melakukan persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M, termasuk vaksinasi meskipun belum adanya informasi resmi dari Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

“Sejauh ini belum ada keputusan tetap dari Kerajaan Arab Saudi menyangkut pelaksanaan haji tahun ini. Kita berharap wabah ini segera berlalu dan ibadah haji dapat dilaksanakan kembali sebagaimana biasanya,” katanya.

Dijelaskannya, vaksinasi Covid-19 merupakan ikhtiyar pemerintah sembari menunggu informasi resmi pemerintah Arab Saudi.

“Mohon bersabar, dalam waktu dekat kita harap Pemerintah Arab Saudi segera mengeluarkan kebijakan,” katanya.

Iqbal mengatakan, vaksinasi Covid-19 bagi calon jamaah haji dilakukan di daerah masing-masing, dan Kankemenag  kabupaten/kota telah melakukan koordinasi dengan otoritas kesehatan setempat.

“Kami mengimbau Kankemenag seluruh kabupaten/kota di Aceh terus memantau vaksinasi Covid-19 bagi jamaah calon haji. Kemudian kesiapan dokumen jamaah juga harus segera diselesaikan, sehingga nanti saat ada keputusan dan penetapan kuota yang akan berangkat haji tahun ini kita tidak kalang kabut,” ujar Iqbal.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *